Sejarah Patung Tuan Ma Di Larantuka

Gambar-gambar sesuai dengan Sejarah Patung Tuan Ma Di Larantuka.

Tuan ma juga telah menjadi ikon untuk kota larantuka sebagai tokoh yang penuh misteri. Sejarah patung tuan ma larantuka.

Peziarah Iringi Pertemuan Tuan Meninu Tuan Ana Dan Tuan Ma

Sekilas Sejarah Patung Tuan Ma Larantuka Creativestars Blog

Kota Rowidotempat Semayamnya Tuan Menino Larantuka News

Ritual Sakral Semana Santa Di Larantuka Regional Liputan6com

Prosesi Jumat Agung Tradisi Cium Tuan Ma Di Larantuka

Prosesi Jumat Agung Tradisi Cium Tuan Ma Di Larantuka

Perihal awal munculnya tradisi semana santa ada beragam cerita yang beredar.

Sejarah patung tuan ma di larantuka. Ketika tibanya minggu paskah dilangsungkan upacara ekaristi di gereja masing masing. Dalam tradisi gereja katolik di flores timur khusunya di larantuka ibukota kabupaten flores timur hari kamis putih merupakan hari suci untuk melakukan kegiatan tikan turo atau menanam tiang tiang lilin sepanjang jalan raya yang menjadi rute prosesi jumat agung pada keesokan harinya 104. Ketika itu juga aktivitas di kapela tuan ma bunda maria dimulai dengan upacara muda tuan pembukaan peti yang selama setahun ditutup oleh petugas conferia sebuah badan organisasi dalam gereja yang telah diangkat melalui sumpah. Dengan demikian menyiratkan kerajaan larantuka sebagai kerajaan katolik. Diduga patung itu terdampar saat kapal portugis atau spanyol karam di larantuka. Patung itu diduga terdampar saat kapal portugis karam di perairan larantuka. Setelah berdoa di kapela tuan meninu diarak lewat laut dengan acara yang semarak nan sakral. Arca tuan ma pun diarak dari kapela nya menuju gereja kathedral. Diduga patung itu terdampar saat kapal portugis atau spanyol karam di larantuka. Sekilas sejarah patung tuan ma larantuka dalam tradisi gereja katolik di flores timur khusunya di larantuka ibukotakabupaten flores timur hari kamis putih merupakan hari suci untuk melakukan kegiatan tikan turo atau menanam tiang tiang lilin sepanjang jalan raya yang menjadi rute prosesi jumat agung pada keesokan harinya 104. Secara ritual ia memprakarsai upacara penyerahan tongkat kerajaan berkepala emas kepada patung tuan ma bunda maria reinha rosari sebagai lambang bahwa larantuka sepenuhnya menjadi kota reinha ratu dan para raja adalah wakil dan abdi bunda maria. Namun dari sekian sumber satu yang pasti bahwa tradisi ini mulai hidup saat patung tuan ma ditemukan di pantai larantuka pada sekitar tahun 1510. Berdasarkan penelitian dan sejumlah sumber tertulis dalam bahasa belanda dan portugis patung tuan ma ditemukan sekitar tahun 1510 di pantai larantuka.

Selesai perayaan ekaristi patung maria alleluya diarak kembali ke kapela pantekebis setelah pentakhtaan patung maria alleluyah dilakukan sebuah upacara yang disebut sera punto dama dari para mardomu pintu tuan ma dan tuan ana yang lama kepada yang baru. Sekilas sejarah patung tuan ma. Sebagai bagian dari devosi kepada bunda maria patung tuan ma telah mempunyai riwayat dan peranan yang melekat erat dengan sejarah kehidupan umat di larantuka. Kepercayaan terhadap tuan ma berawal lima abad silam. Berdasarkan penelitian dan sejumlah sumber tertulis dalam bahasa belanda dan portugis patung tuan ma ditemukan sekitar tahun 1510 di pantai larantuka. Prosesi laut melawan arus ini berakhir di pante kuce depan istana raja larantuka dan selanjutnya diarak untuk ditakhtakan pada armada tuan meninu di pohon sirih.

Itulah yang bisa kami bagikan terkait sejarah patung tuan ma di larantuka. Admin blog Seputar Sejarah 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait sejarah patung tuan ma di larantuka dibawah ini.

Peziarah Ikuti Prosesi Patung Tuan Ma Dengan Khusuk

Media Ntt Jejak Sesungguhnya Prosesi Jumat Agung Di Larantuka

Sejarah Patung Tuan Ma Larantuka Franco Diaz Viera

Peziarah Katolik Di Flores Lakukan Tradisi Cium Patung Tuan

Semana Santa Larantuka Sofyan Ardianto

Tuan Ma Jejak Kata Buana Kbs

Peziarah Iringi Pertemuan Tuan Meninu Tuan Ana Dan Tuan Ma

Hening Dalam Khusyuknya Semana Santa Di Larantuka

Semana Santa Di Kota Reinha Rosari

Prosesi Jumat Agung Tradisi Cium Tuan Ma Di Larantuka

Patung Bunda Maria Bersedih Diarak Saat Semana Santa Dari

Buka Pintu Kapela Tuan Ma Tradisi Jelang Jumat Agung Di Ntt

Terios 7 Wonders 1 Ziarah Kota Maria Larantuka Diaspora

Prosesi Jumat Agung Tradisi Cium Tuan Ma Di Larantuka

Hikayat Sakral Kemunculan Patung Tuan Ma Di Pantai Larantuka

Demikian pembahasan sejarah patung tuan ma di larantuka yang dapat admin sampaikan. Terima kasih telah mengunjungi blog Seputar Sejarah 2019.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Patung Tuan Ma Di Larantuka"

Post a Comment