Sejarah Kampung Naga Dalam Bahasa Sunda

Informasi terlengkap tentang Sejarah Kampung Naga Dalam Bahasa Sunda.

Kuncen adalah juru kunci tempat tempat keramat dan sebagainya yang juga mengetahui riwayat tempat yang dijaganya. Naming diantara masarakat aya oge anu ngagunakeun bahasa indonesia jeung bahasa inggris.

Kampung Naga Saat Menjaga Wasiat Leluhur Adalah Pilihan Utama

Asal Usul Dan Budaya Kampung Naga Tasikmalaya Bikin Salah

Sejarah Kampung Naga Di Tasikmalaya Kumeok Memeh Dipacok

197213244 Kampung Naga

Rasa Pemilu Di Kampung Naga Antara Politik Dan Aturan Leluhur

Jurus Bertahan Kampung Naga Daengnuntung Indonesiana

541 kata lain dalam bahasa sunda sama dengan pancen atau tugas.

Sejarah kampung naga dalam bahasa sunda. Hal ini berkaitan dengan sejarah kampung naga itu sendiri. Ngaranna naga sorangan rada aneh sabab sakumaha urang terang naga mangrupa ciri kabudayaan cina. Jika diterjemahkan secara singkat yaitu matinya penerangan. Pemilihan nama kampung naga sendiri konon berasal dari kampung dina gawir. Ieu kampung tijaman baheula nepi kakiwari teu kaciri aya parobahan boh dina system kahirupannana boh dina s i stem adat jeung budayana. Untuk menuju kampung naga dari arah jalan raya garut tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah ditembok sunda sengked sampai ke tepi sungai ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan jarak kira kira 500 meter. Kampung naga mangrupikeun kampung tradisional anu aya di kampung neglasari kecamatan salawu kabupaten tasikmalaya jawa kulon. Dengan demikian kampung dina gawir bisa diartikan sebagai kampung yang terletak di dalam dasar tebingjurang. Pareum jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia yaitu mati gelap. Pareum jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia yaitu mati gelap. Kampung ieu dipimpin ku anu disebut kuncen. Kampung naga nyaeta k ampung anu ayana di kabupaten tasik m alaya kacamatan neglasarai kalurahan salawu anu pendudukna aya 314 jiwa. Masyarakatnya masih memegang kuat adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur mereka dimana mereka hidup dalam tatanan yang diliputi suasana kesahajaan dan lingkungan kearifan tradisional yang lekat.

Hal saperti kieu di sebabkeun lobana wisatawan domestic jeung luar negri sahingga ngadorog jeung ngamotivasi masarakat pkeun diajar bahasa sangkan kalancaran komunikasi. Warga kampung naga sendiri menyebut sejarah kampungnya dengan istilah pareum obor. Tak ada kejelasan sejarah kapan dan siapa pendiri serta apa yang melatar belakangi terbentuknya kampong dengan budaya yang masih kuat ini. Dan obor itu sendiri berarti penerangan cahaya lampu. Warga kampung naga sendiri menyebut sejarah kampungnya dengan istilah pareum obor. Samentara désa tiasa nyarios jauh tina pangaruh éta. Pemilihan nama kampung naga sendiri konon berasal dari kampung dina gawir. Kampung naga adalah sebuah kampung adat yang terletak di desa neglasari kecamatan salawu kabupaten tasikmalaya jawa barat. Departemen pendidikan dan kebudayaan kamus besar bahasa indonesia hal. Dina dalam bahasa sunda berarti di atau dalam sementara gawir artinya tebing atau jurang. Selain itu masyarakat kampung naga juga menganggap hari selasa rabu dan sabtu sebagai hari pantangan untuk bercerita mengenai adat istiadat serta asal usul masyarakat kampung naga. Dina dalam bahasa sunda berarti di atau dalam sementara gawir artinya. Dan obor itu sendiri berarti penerangan cahaya lampu.

Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai ciwulan sampai ke dalam kampung naga. Kepala adat dalam masyarakat kampung naga disebut kuncen. Ngenaan bahasa masarakat kampung naga biasa ngagunakeun bahasa sunda.

Itulah yang bisa kami bagikan terkait sejarah kampung naga dalam bahasa sunda. Admin blog Seputar Sejarah 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait sejarah kampung naga dalam bahasa sunda dibawah ini.

Tiis Ceuli Caang Panon Demokrasi Ala Kampung Naga

Kampung Naga 1 Sejarah Kampung Naga Indonesia Tanah

Legenda Sejarah Tiket Masuk Tradisi Adat Istiadat Kampung

Travelingyukcom Sejenak Keluar Dari Hingar Bingar Kota

Wisata Budaya Genppari Kunjungi Kampung Naga Di Tasikmalaya

Kampung Naga Merayakan Kesahajaan Di Dasar Lembah

4 Destinasi Wisata Kampung Adat Di Jawa Barat Wego

Ramadan Di Kampung Naga 1 Melihat Ritus Mandi Bareng Di

Kampung Naga Saat Menjaga Wasiat Leluhur Adalah Pilihan Utama

Kampung Naga Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Upacara Hajat Sasih Kampung Naga Dinas Pariwisata Dan

Rumah Adat Sunda Sejarah Dan Penjelasan Lengkap Beserta Gambar

Kampung Naga Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Liburan Akhir Tahun Di Kampung Adat Jawa Barat

Kampung Naga Tasikmalaya Wisata Pedesaan Sunda Yang Eksotik

Demikian pembahasan sejarah kampung naga dalam bahasa sunda yang dapat admin sampaikan. Terima kasih telah mengunjungi blog Seputar Sejarah 2019.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Kampung Naga Dalam Bahasa Sunda"

Post a Comment